Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Powered by Blogger.

Pendiri Dipecat, "Facebook-nya Rusia" Dikuasai Orang Dekat Putin

KOMPAS.com - Jejaring sosial VKontakte, yang sering disebut sebagai Facebook versi Rusia, baru saja kehilangan pendirinya, Pavel Durov. Ia telah dipecat karena jejaring sosial buatannya itu telah dikuasai oleh dua orang yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam sebuah pernyataan di halaman VKontakte, Selasa (22/4/2014), Durov mengatakan, "Hari ini, VKontakte berjalan di bawah kendali penuh dari Igor Sechin dan Alisher Usmanov."

Usmanov merupakan pengusaha perusahaan teknologi, Mail.ru, yang telah meningkatkan sahamnya di VKontakte. Ia juga memiliki saham sekitar 10 persen di Facebook.

Sementara Sechin, merupakan CEO Rosneft, perusahaan minyak milik negara. Ia diyakini menjadi salah satu penasehat terdekat Presiden Putin.

Durov yang saat ini berusia 29 tahun, mendirikan VKontakte yang sekarang memiliki lebih dari 100 juta pengguna di Rusia dan negara-negara lain pecahan Uni Soviet.

"Mungkin, dalam konteks Rusia, hal seperti ini tak bisa dihindari, tapi aku senang kami telah bersama selama tujuh setengah tahun," lanjut Durov. "Kami melakukan banyak hal, dan bagian dari apa yang telah dilakukan tidak dapat diubah kembali."

Durov mendapat banyak tekanan dari sana-sini sejak 2013 terkait kebebasan berekspresi pengguna VKontakte. Pekan lalu, Durov diminta untuk menutup atau memblokir aktivitas kelompok anti-pemerintah Ukraina, namun Durov menolak permintaan itu.

Sekarang ia tak lagi memiliki saham di VKontakte, karena telah menjual 12 persen sahamnya yang tersisa dan telah disetujui pemegang saham VKontakte pada awal 2014.

Pemerintah Rusia sudah lama mempertahankan kontrol ketat atas media televisi dan media cetak, namun mereka kurang ketat dalam mengontrol media online. Para aktivis anti-Putin memanfaatkan media online untuk melontarkan protes.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pendiri Dipecat, "Facebook-nya Rusia" Dikuasai Orang Dekat Putin di blog Alecian Tripp Fuller jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template